Wednesday, December 13, 2006

[REVIEW] NOKIA N71: My First Irresponsible Review

The Review

Holla, ini review pertama gw.. mungkin lebih tepat disebut preview, karena gw lom pernah beli, nyoba, megang, apalagi punya ni henpon.. Loh? kalo belom pernah nyobain kok udah bisa nge-review? yah.. this explain why i called it preview right?
Oh, iya kalo bahasa Inggris gw agak ngaco maklum yak.. kaga pernah sekola di sono soalnya.. apalagi soal salah eja, pengetikan maupun tutur bahasa yang seenaknya, namanya juga irresponsible.. -biMs-

The Introduction

N71 merupakan salah satu tipe hape multimedia dari Nokia dan termasuk jajaran seri N yang kondang itu. Dirilis di negara kita sekitar pertengahan tahun 2006 kalo kaga salah itu juga. Kurang begitu laku karena figur Clam Shell-nya. Sehingga memiliki harga jual yang paling rendah diantara seri N yang laen. Makanye gw tertarik buat ngereview ni hape. Seri N paling murah soalnya.


The Looks


N71 lahir di Finlandia dengan berat 163 gram dan ukuran tubuh 98.6 x 51.2 x 25.8 mm dalam keadaan sehat. Cukup bongsor untuk ukuran hape dengan figur Clam Shell pada umumnya. Namun bagi lelaki yang mendambakan sosok gadget macho nan gagah, figur N71 amat pas di hati. Not to mention its army look color (abu2 kehijauan + silver) bikin tambah macho and jantan. ih, cowo banget pokonya bo'.. Di body depan terdapat layar seadanya buat liat status ama lensa kamera + flash beserta sebuah tombol serbaguna. Ukuran layar luarnya cuma 96x68 pixels, 65 ribu colors.



The Body


Nah sekarang kita buka body nye nyang aduhai ntuh.. hyuuk mari.. Akan segera tampak layar berukuran 2.4 inch (36x49 mm) dengan kerapatan 240x320 pixel (QVGA). Layar ini cucok banget buat pencinte keindahan image maupun video. Sangat jernih, terang dan ganas. Jenis layarnya mengadopsi jenis TFT dengan 262 ribu pancaran warna. Sayang banget keypadnya kecil abis, jadi agak susah kalo mo bales sms dari selingkuhan maupun gebetan di depan pacar. Di atas layar ada kamera internal (VGA) yang selaen bisa buat video call, juga bisa buat moto diri sendiri bagi anda pencinta diri sendiri alias jenis mahluk narsiskus fotonikus. Sambungan antara body atas dan bawah dijembatani oleh sebuah engsel tunggal yang katanya agak kurang manteb. Tapi sebenarnya ini diakibatkan oleh mekanisme engsel yang mengijinkan untuk membuka folder secara penuh maupun setengah (45 derajad). Jadi kalo mo Video Call ama pacar, tinggal taro henponnya di meja, trus buka setengah.. muka pacar jelas, kaga pake cape megangin. Secara keselurahan, kualitas body henpon ini agak kurang bagus dibandingin ama seri N lainnya.


The Brain




N71 dipersenjatai dengan sistem operasi terbaru dari Symbian, untuk henpon Symbian seri 60, yaitu Series 60 3rd edition (Symbian 9.1). Sejajar sama N80 dan N91, lebih yahud daripada N70. Sayangnya OS ini tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan software-software yang diciptakan untuk OS Symbian sebelumnya (Symbian 8.1 kebawah). Soal kemampuan multimedia ga usah ditanya, Symbian 9.1 ok banget bwat nyetel mp3 yang gaul-gaul, maupun dengerin radio. Aplikasi office seperti biasa juga tersedia di N71. Mulai Word, Excel, Power Point sampe PDF semua ada di sokin. Ada bug pada Symbian versi ini? tentu. Kalo sms, sering banget lemot abis. Bisa makan 5-10 menit cuma buat ngirim sms. Kalo pas maen game Snake juga sering hang. Tapi jangan takut jangan khawatir, ini cuma kentut bukan petir. Udah ada firmware terbaru yang bisa di upgrade. Masalah hilang, sms sama TTM semakin aman. Dan pastinya, OS ini juga bisa Multi-tasking alias ngejalanin 2 ato lebih aplikasi secara bersamaan.


The Gut & Stamina



Punya kapasitas memory internal sebesar 10mb dan memory external bawaan berjenis mini SD dengan kapasitas 128mb yang bisa ditambahin sampe 2gb. Batrenye 970 mAh, kalo buat pemakaian normal bisa 2 harian. Tapi kalo lo makenya sadis, ya paling sehari lebih dikit deh.


The Voice


Di dalem paket pembelian udah dikasih stereo earphone lengkap ama adaptor buat pake earphone ato headphone dengan ukuran colokan 3.5mm. Kualitas suara earphone? okelah. Gimana speakernya? speakernya cuma ada satu, cuma suaranya lumayan nyaring dan jelas. Kalo ada yang nelpon terus ni hape bunyi, jangan heran kalo ada yang nanya : "siapa tuh yang bawa-bawa radiotape?". Apa bisa ngalahin kualitas suara hape-hape seri W Sonyericsson? belum sih. Tapi at least it's one of the best among other N Series.


The Eye



Nah, buat yang suka poto2, kamera seri N yang ini lumayan tokcer. Kualitas 2MP-nya masih diatas N70 dengan spesifikasi yang sama. Cuma kaga ada sih yang namanya Auto Focus sama Macro Mode. View Finder-nya juga masih Vertical, belom horizontal seperti kebanyakan hape Sonyericsson. Bisa juga buat ngerekam video dengan format MP4 beresolusi 352 x 288 pixels. Not Bad at all. Ada satu tapi yang bikin gw kecewa. Ternyata layar depan ga bisa dipake bwat view finder. Jadi buang jauh-jauh pikiran lo buat benerin make-up lo pake layar depan ni hape. Foto narsisnya gimana donk? ya lo kira-kira aja sendiri. Udah pas apa belom. Ya kalo kaga pake kamera yang di dalem juga bisa.


The Connection



Infrared, Bluetooth, Kabel data USB? ada smua bos di dalem paket pembelian. Cuma belom ada Wifi aja. Kalo internetan? seperti biasa, Nokia ngasih fasilitas internet browser dengan format xHTML. Mampu membaca format Flash dan Java Script. Jadi pas buka Friendster, sama kayak buka pake komputer lo. Apa? ga punya komputer? itu masalah lo.


The Pros

Apa yang bikin gw pengen buang-buang gaji gw buat beli ni hape? here it is :
• Gw suka banget ama bentuknya yang Clam Shell tapi macho. Some people says it's bulky and weird. Well screw them all, i'd say it's rocks!
• Symbian terbaru men. Canggih banget dah pokonya.
• Seri N dengan kisaran harga termurah, tapi ga berarti N71 merupakan the lowest among the other N series.
• Suaranya termasuk ok untuk henpon multimedia.
• Ada 3.5 mm jack adaptor.
• Layarnya cuamik. Bening banget kayak cewe-cewe SMA.


The Cons

Apa yang bikin gw ga jadi selingkuhin Motorola E398 gw sama hape ini? roll it down :
• Batrenye kaga kuli. Bentar-bentar ngecharge, singkong dikasih ragi.. taaapee dee..
• Engselnya ga terlalu bagus. Takut cepet rusak kayak Nokia 7650.
• Posisi bantalan yang ngelindungin gesekan antara body atas dan bawah kurang mampu bekerja dengan baik. Alhasil keypad dapat dengan mudah membaret layar dalam. Cacat desain nih. Tapi jangan kentut jangan petir, pakein aja antigores buat layarnya. Habis perkara. But still.. it's a shameful flaw design.
• Ada temen gw yang bilang : "Kok kayak alat buat lurusin rambut make listrik punya cewe gw?". Ah elo men.. bikin gw ilfil..

The Score

Jadi gimana donk? bagus ga ni hape? mana gw tau.. megang aja gw blom pernah. Cuma dengan harga terakhir yang mencapai kisaran 2,7 jutaan, gw bilang worth it banget kalo lo beli N71 ini. Apalagi denger-denger N71 udah mau di discontinue sama Nokia akhir taun ini, Gw sih mo beli Sonyericsson W850.. Lha terus ngapain review N71?!

2 comments:

rini said...

Kereeennn!!
preview ma design nya pas banget...

Unknown said...

wew.. bimo punya blog sebagai seorang editor majalah gadget.. hehehe
Mantap.com deh ! eh iya... Good Work for your 1st job...
informatif sekali...
semoga bisa dikembangkan jadi tabloid ato buku...
yang pasti mesti up to date terus neh biar kita2 ga ketinggalan informasi...

bim jangan NOKIA minded donk... explore ke Sony Ericsson juga oke !
request dari costumer pertama neh ehhehehehe...

Good Work ! Good Luck Bro !