Wednesday, December 13, 2006

[ REVIEW ] Sony Ericsson W850 : Subyek mimpi gw akhir-akhir ini

The Review

Ok, jangan lama-lama baca review gw sebelumnya, apalagi sampe lupa makan. Hayo yang belom makan, makan dulu ya. Ntar sakit loh. Well here comes next. Buat yang akhir-akhir ini bingung mo beli iPod, MP3 player made in China yang bisa jadi USB Flashdisk, apa sekalian nunggu Microsoft Zune? Hold your thoughts! Read my review first about gadget yang akhir-akhir ini rebutan ama Jennifer Love Hewitt buat masuk ke mimpi gw tiap malem. It’s SonyEricsson’s Newest Walkman Phone : W850. Dan seperti biasa, gw juga belom pernah megang ni hape. Where those junk words and opinions come from then? ... my brain. Gyahahaha! -biMs-

The Introduction

Sebelomnya SonyEricsson ( from now on bakal gw sebut “SE” ) ga pernah bikin hape tipe slider. Nah ini hape pertama bikinan SE bertipe slider yang masuk ke Indonesia. Sempet jadi cameo di film Davinci Code yang fenomenal itu. Cuma di film itu doi difungsikan sebagai internet browser. Aneh ya? Bodo amat about that. Hape ini juga udah dibekali dengan kemampuan jaringan 3G yang lagi happening, lengkap dengan fasilitas video call.



The Looks


Dianugrahi dengan proporsi tubuh yang cukup ideal (98 x 47 x 21 mm) dan berat badan yang bikin model sekelas Kate Moss iri (116 g), W850 punya body yang lumayan seksi. Ngga bulky, ngga juga berat. Enak digenggam, enak juga dikantongin (apalagi kalo digeterin). Dalam kondisi tertutup malah lebih pendek daripada henpon-henpon tipe candybar semacam K800 atau N70. Tersedia dalam dua warna pilihan yang gw rasa bakal mencerminkan pemakainya. Hitam gothic, sama putih gaul (warna yang lagi ngetrend setelah dirilisnya iPod dengan warna sejenis). Sekedar informasi, kalo lo beli yang putih, lo bakal dapet gantungan hape imut berlogo SE. Yang item kaga. Yang item cukup jantan, yang putih lumayan manis. Bagian depan hape ini cukup eye catching karena memiliki logo Walkman besar disertai lampu disco (bisa kedap-kedip) berwarna orange dibawahnya. Lampu ini juga berfungsi sebagai shortcut ke menu music playernya. Yang item cukup jantan, yang putih lumayan manis. Oke, sekarang kita liat bagian bokongnye. Seksi juga ga? You got that right bro. Bagian belakang hape ini juga lumayan keren. Meskipun ga lagi menyerupai digicam. Tekstur keren, ada bintik-bintik gitu. Ada lensa kamera 2 mega pixel, lampu flash, tak lupa cermin kecil buat yang mau foto diri sendiri terus dipajang di friendsternya. Tapi too bad ga ada lens cover. Meskipun letak lensanya sendiri agak menjorok ke dalem. Jadi jangan takut bakal gampang lecet. Ada apa lagi? Ada juga speaker tunggal di bawah lensa. Kata sebagian orang posisi speaker ini kurang oke. Secara kalo hapenya ditaro di meja, speaker bakal ketutup dan suara kurang keluar.


The Body



Pegimane ame konstruksi body-nye bang? Sabar tong, baca terus ye. Layarnya kaga malu-maluin kok. Berdiameter 2 inchi, berjenis Thin Film Transistor (TFT), berjumlah warna 262 ribu colors, beresolusi seperempat VGA (320x240 pixels). Sama bet ama layarnya K800. Keypadnya? Lagi-lagi saya sedikit kecewa saudara-saudara. Tombol navigasinya emang inovatif, tapi agak susah diteken karena imut mampus. Uda gitu agak keras. Kalo keypad alfanumerik-nya sih fine-fine aja buat ngetik sms ke bokap yang uda marah-marah gara-gara mobilnya dibawa kabur pas malem minggu. Seperti biasa di bagian kanan body ada tombol shutter buat camera ditemani oleh dua buah tombol volume yang juga berfungsi sebagai tombol zoom. Since this phone is the first SonyEricsson’s slider, let’s talk about the slide construction (sok british lo ngomong pake bahasa inggris segala). I’m quite amaze sama mekanisme slidernya. Kalo lo uda pernah megang W900, lo tau what i’m talking about. Seperti halnya dengan mekanisme swivel-nya W900, slider-nya W850 juga pake sistem pegas. Jadi tinggal dorong dikit, crut.. keangkat deh bagian body depannya keatas. Mulus, empuk dan mantab. Keren banget donk? Kaga juga cuy. Lo tau kan hape tipe slider gini rawan lecet gara-gara gesekan antara body atas ama bawahnya. Fenomena ini acap kali ditemukan pada henpon sejenis. Sebut saja Samsung D500. Nah, biar kaga kayak gitu, SE cuma make satu “kaki” di slider-nya W850 ini (sebelah kiri doank). Alhasil slidernya Aa’ Gym GTL (agak-agak gimana gitu lho). Goyang dikit gitu deh pas dalem keadaan kebuka. Ini menimbulkan pertanyaan di benak gw, “Sampai berapa lama slider-nya bisa bertahan? Ato jangan-jangan tambah parah goyangannya? Sampai disini sajakah cintaku padamu? Ato jangan-jangan hargamu segera turun dan aku bisa meminangmu?”.


The Brain



Buat apa body keren, kalo kaga bisa apa-apa? Jangan salah bos, walopun ga termasuk jajaran smart phone (henpon yang memiliki sistem operasi seperti Symbian, Linux, Microsoft Mobile, dll), fitur di dalem hape ini lumayan canggih. Data exchange melalui jaringan 3G UMTS? bisa. Video Call? bisa. Internetan pake format xHTML? bisa. Java MIDP 2.0? bisa. Multitasking? weits.. bisa. Mp3, radio? Becanda lo men.. SE didn’t name this phone a Walkman Phone for nothin.. infact, malah W850 punya Walkman player tipe 2.0. Apa kelebihannya? Tentu saja interface yang lebih menarik dan lebih mudah. Udah gitu ada fitur Track ID yang bisa ngasih tau lo segala informasi tentang lagu yang lagi lo dengerin di hape lo via internet dari databasenya Sony Music. Berlaku juga buat lagu yang lo denger di radio. Canggih banget sih? Kaga juga cuy (part two). Fitur ini ga terlalu berguna, secara membutuhkan koneksi GPRS ato 3G data yang buang-buang pulsa lo. Udah gitu ga terlalu lengkap lagi data base-nya. Bisa apalagi ni henpon? Video playernya oke. Ada fitur fast forward, rewind, pause, dll dan bisa diliat melalui mode fullscreen landscape. Juga sudah dilengkapi dengan video ringtone. Apa lagi ya? Hampir ketinggalan.. Buat pemakai iPod yang bangga sama gadget-nya yg bisa nampilin Album Art (gambar cover album suatu artist), step a side a little.. W850 juga bisa! Kerenn..


The Gut & Stamina



Memory internal henpon ini biasa aja, Cuma 16 Mb. Externalnya, baru luar biasso.. berjenis Memory Stick Pro Duo dengan kapasitas bawaan 1 Gigabyte, expandable to 4 Gb ! terbaik dikelasnya untuk saat ini. Henpon music harus punya batre yang oke pastinya. Fortunately SE do concern about this. W850 disandingkan dengan batre berjenis Lithium Polymer berkapasitas 950 mAh. Tahan kira-kira 4 harian pemakaian normal. Not bad. Apalagi W850 juga punya system penghematan batre seperti detektor cahaya yang bikin layar otomatis meredup di dalam ruangan yang cukup cahaya.


The Voice



Ini bagian yang paling penting. Oke here it is. Gimana earphone-nya? Keren bo’.. kualitas suaranya oke banget. Didukung sama fitur Mega Bass yang bikin lagu dugem lo makin ajep-ajep ga karu-karuan. Kalo lo mo denger lagu mellow? Matiin aja Mega Bassnya, dijamin suara mas Rio Febrian yang lagi nyanyiin Jenuh.mp3 makin empuk dan jelas. Kalo lagu metal gimana tuh? Ya elah tong, ada equalizer-nya kok. Bisa di set manual sesuai gaya lo. Buat lo yang punya ukuran lobang kuping yang rada kurang normal, ga masalah. SE nyediain beberapa tipe ukuran buat karet peredam earphonenya. Ga puas sama kualitas earphone bawaannya? Copot aja bagian tengah sambungan kabel earphone, langsung bisa disambung pake headphone bercolokan 3,5mm. Pake dah tu headphone Sennheiserr lo yang gaul abis-abisan. Enough about the earphone, how’s the speaker quality? Speakernya ga stereo alias cuma single. Tapi ini merupakan speaker tunggal yang katanya paling kenceng diantara yang lain. No matter where you are, lo pasti bakal denger suara henpon lo (gw lom pernah denger sih, cuma katanya sih gitu.. sok tau mode : on ). Henpon ini juga punya Flight mode. Bisa ngaktifin fitur walkman dan fitur lainnya tanpa mengaktifkan fitur-fitur yang berhubungan sama sinyal henpon. Dengerin mp3, radio, nonton video, ngecek jadwal ngeband di kalender, dll bisa dilakukan tanpa menggangu system navigasi pesawat yang lagi lo naekin.


The Eye



Iye.. iye.. gw tau. Buat cewe-cewe pasti lebih penting bagian yang ini. Pake Digicam aja kenapa sih? Alright.. alright i’m starting already. Ada penurunan kualitas kamera pada W850 dibandingkan pada W800 maupun W810. Padahal sama-sama 2 MP. Kaga ada lagi Auto Focus dan Macro Mode. Mungkin SE sengaja ngurangin fitur kamera pada seri-seri Walkman Phone terbarunya supaya target marketnya jelas. That’s why you won’t find Mega Bass feature on recent K Series. Tapi it won’t matters for me. Hasilnya tetep bagus kok. Cuma yang disayangkan, W850 Cuma bisa ngerekam video dengan kualitas 176 x 144 pixels. Dan lagi-lagi para ibu-ibu arisan yang doyan mengabadikan foto dirinya harus tertunduk lesu penuh kecewa. Kamera depan W850 ternyata ga bisa buat Self Potrait. Tapi kalo Cuma mo ngolesin lipstick bisa kok. Aktifin aja modus video callnya, pindahin view finder kamera depan ke main display. Ngolesin lipstick ke bibir ga kacrut, muka tambah menor, tinggal kedipin mas-mas ganteng yang lagi lewat.

The Connection



Kecuali WiFi, sagala aya di dieu. Infrared, Bluetooh, kabel data USB, lengkap.. ceunah. Bahkan Bluetooth-nya udah versi 2.0 which is mendukung profile A2DP yang ngijinin make earphone stereo Bluetooth. Iihh.. canggih deh yey. As i mentioned it before, there’s also xHTML format for internet browsing. Selaen itu juga ada fasilitas RSS Reader. Apa lagi tuh? Itu fasilitas blog updater. Gw males jelasinnya lebih lanjut. Ga bakal kepake juga ama kite. Jadi lanjut aja ye ke bagian selanjutnye.


The Pros

Kenapa ni hape bisa ampir 3 kali mampir ke mimpi gw, inilah daftar alasannya :
• Kualitas MP3 player oke.
• Memory External bawaan 1 Gb. Uda cukup kali ye, kaga usah di upgrade lagi.
• Desain yang keren. Jantan sekaligus manis (tergantung warna pilihan lo).
• Bluetooth 2.0
• Ada 3.5 mm jack adaptor.
• Walkman Phone 3G and video call enabled.

The Cons

Ngapain juga gw ganti henpon gw sama W850 :
• Harganya! Masih 3,8 jutaan. Belom worth it tuh.
• Kaki Slider tunggal-nya mengkhawatirkan.
• Bukan smart phone. Gw pasti bosen kalo Cuma utak-atik aplikasi java.
• Kualitas speaker external ngga stereo.


The Score

So? Am i going to buy this phone? Hmm.. let see. Cocoknya ni hape dibeli setelah harganya turun ke posisi 3,2 jutaan. Selaen itu fee proyek gw belom turun dari kantor gw. Jadi ya we’ll see next year sepertinya. Lagian kalo cuma mo dengerin mp3, E398 gw masih mumpuni. Dan temen gw once said this to me : “Emangnya lo mau video call sama syapa sih?..” iya juga ya.

No comments: